Rabu, 10 Agustus 2016

Karet Sering Jebol, Dam Sungkur Sumber Air Andalan 4 Kecamatan Ponorogo Barat Akan Segera Diperbaiki


koranfbponorogo - Dam sungkur yang berada di Desa Blembem, Kecamatan Jambon, Ponorogo akan segera dilakukan perbaikan.

Hal ini akan segera dilakukan karena sudah berulang kali karet pelimpah Dam Sungkur robek dan meletus. 

Akibatnya dam yang menjadi andalan sumber air untuk lahan pertanian di empat kecamatan yang berada di wilayah barat Ponorogo ini tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.



Untuk itu, Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya Kolonel Inf Piek Budyakto bersama rombongan melaksanakan pengecekan Dam Sungkur yang berada di Dukuh Krajan, Desa Blembem, Kecamatan Jambon, Ponorogo, Jatim,.Rabu(10/08/2016)

Danrem 081/DJ Kolonel Inf Piek Budyakto menyampaikan bahwa pengecekan Dam Sungkur ini dilaksanakan guna menindak lanjuti hasil pertemuan dengan Dirjen PSP bersama Dandim jajaran Korem 081/DSJ dan Kadistan se-Karisidenan Madiun di aula Makorem 081/DSJ, Selasa (09/08/2016) malam.

Dalam pertemuan tersebut, ada masukan jika di daerah Ponorogo, tepatnya di Kecamatan Jambon didapati adanya bendungan yang rusak, sehingga pengairan terhambat.

“Berdasar informasi tersebut, saya selaku Danrem 081/DSJ langsung mengecek dam dan untuk melaksanakan pertemuan dengan masyarakat. Dengan tujuan TNI bisa membantu dalam menjaga dam karet ini. Karena informasinya sering meletus,”urai Kolonel Piek Budyakto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Ponorogo Harmanto, melalui Timur Santoso  mengatakan,”sebelumnya ada pertemuan dengan Dirjen PSP dimana ada temuan tentang permasalahan Dam Sungkur yang sering meletus. Dirjen akan segera memperbaiki dam tersebut, jika ada jaminan pengamanan,”ucapnya.

Lebih lanjut dikatakanya,”saya minta tolong kepada pengguna Dam sungkur kerjasamanya, kalau nanti diperbaiki, semua harus menjaga dan nanti juga dibantu dari TNI,”ucap Timur Santoso.



KUPTD PU Kecamatan Jambon Purnomo, menjelaskan sekilas tentang penggunaan Dam Sungkur, bahwasanya Dam Sungkur mempunyai pintu air kanan dan kiri yang mampu mengairi lahan pertanian yang berada di empat kecamatan yaitu Kecamatan Jambon, Kecamatan Kauman, Kecamatan Sukorejo dan sebagian Kecamatan Ponorogo.

Dari hasil audensi antara Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Piek Budyakto  dengan Gapoktan dan tokoh agama serta tokoh masyarakat, disepakati akan segera dilakukan perbaikan dengan mengganti pelimpah yang berbahan karet diganti menggunakan bahan permanen.

Selain itu, semua elemen sepakat jika nanti Dam Sungkur sudah diperbaiki, maka semua wajib menjaga keamanan dan merawatnya yang nantinya akan dibantu dari pihak TNI.

sumber : kanalponorogo

0 komentar

Posting Komentar

close