Jumat, 07 Oktober 2016

Pamer Foto Injak Keris di FB, Akun Perdana Ahmad Lakoni Digugat


Sekretariat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara), menggalang petisi terhadap akun Facebook (FB) Perdana Ahmad Lakoni yang melakukan penghinaan terhadap keris. 

Tidak hanya menggalang petisi, Senapati Nusantara juga akan melayangkan gugatan terhadap akun Facebook tersebut. Penggalangan petisi itu dilakukan berbarengan dengan deklarasi Senapati Nusantara di Ponorogo. 





"Kami di sini nyangkruk bersama dan diskusi tentang akun Facebook yang telah menghina keris secara keseluruhan," kata M.M Hidayat, Ketua Harian Senapati Nusantara kepada wartawan, Rabu (5/10/2016).

Hidayat mengatakan, kecewa dengan akun Facebook yang mengunggah foto menginjak keris. Apalagi akun tersebut milik orang Indonesia. 

"Kami sebagai pecinta keris sangat kecewa. Kenapa harus orang Indonesia yang seharusnya mencintai budayanya malah menginjak harga diri," tambahnya.



Dia khawatir nantinya bakal muncul lagi hal-hal serupa jika tidak digugat. Dia sudah merencanakan surat gugatan dan petisi untuk pemilik akun Facebook tersebut.

Dia mengaku memiliki tanggung jawab, apalagi Senapati Nusantara adalah kelompok masyarakat perkerisan Nusantara yang selama ini intens terhadap peninggalan budaya yang telah diakui UNESCO. Sebagaimana diketahui keris Indonesia telah terdaftar sebagai warisan budaya non bendawi sejak 25 November 2005.

0 komentar

Posting Komentar

close